Your Business is Our Serve

Breaking

7 October 2019

Sajikan Tarian hingga Pameran, Minangkabau Heritage 2019 Digelar di Atrium Level 21 Mall

Minangkabau Heritage
Salah satu peragaan busana di Minangkabau Heritage 2019 yang digelar di Atrium Level 21 Mall Denpasar (Image by : Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin)
Minangkabau atau disingkat dengan Minang, merupakan salah satu etnis asli Nusantara yang wilayah persebaran kebudayaannya masuk ke dalam Provinsi Sumatera Barat, Seperti halnya Bali, ragam budaya dan keseniannya patut untuk dibanggakan.

Mulai dari ragam musik, tarian, pariwsata hingga kerajinannya.Untuk terus memajukan dan meningkatkan gairah ekonomi kreatif potensi daerah, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengadakan berbagai kegiatan dalam mendukung kemajuan industri kerajinan dan fashion lokal.

Bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANAS) Pemrov Sumatera Barat, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat dengan didukung oleh Mediatama Binakreasi Event Organizer menyelenggarakan “Minangkabau Heritage”.

Di tahun 2019, Minangkabau Heritage hadir di Bali tepatnya di Atrium Level 21 Mall Denpasar setelah sebelumnya sukses dilaksanakan di Jakarta dan Surabaya. Kegiatan ini berlangsung mulai Jumat (4/10/2019) hingga Sabtu (5/10/2019) dengan berbagai rangkaian kegiatan.

Acara ini dibuka dan diresmikan langsung oleh Ketua Dekranasda Prov Sumatera Barat Hj. Nevi Zuairina, Ketua Dekranasda Prov Bali Putri Suastini Koster dan Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Prov. Sumatera Barat Benny Warlis. Ditandai dengan pemukulan gamelan secara bersamaan.

Melalui kegiatan ini, Hj. Nevi berharap dapat memperkenalkan dan melestarikan budaya Minang dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia dan juga Internasional. Ia menambahkan, kegiatan ini diisi dengan pertunjukan kesenian yang langsung didatangkan dari kota/kabupaten di Provinsi Sumatera Barat.

Fashion show yang akan menampilkan designer lokal dari Provinsi Sumatera Barat, salah satunya adalah Monika Jufry yang merupakan perancang busana muslim asli Bukit tinggi dimana hasil rancangannya pernah dipakai oleh alm. Ibu Negara Indonesia ke-6, Ibu Ani Yudhoyono.

Selain itu, digelar pula talkshow yang membahas berbagai hal mengenai budaya Minangkabau, mulai dari kesenian, fashion, pariwisata, hingga kuliner Minangkabau.

Ada pula workshop yang akan memperkenalkan Tari Randai dan Musik Talempong yang menjadi khas suku Minangkabau. Tentu saja, akan ada pameran kerajinan khas Minangkabau yang akan menghiasi Main Atrium Mall Level 21.

No comments:

Post a Comment