Your Business is Our Serve

Breaking

22 February 2019

Lestari Tak Berbatas di GBN 2019

Lestari Tak Berbatas
Gelar Batik Nusantara 2019
Indonesia terkenal sebagai negara yang kaya akan ragam kebudayaan, salah satunya adalah kebudayaan bendawi yaitu BATIK. Pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO menetapkan batik sebagai warisan dunia karena memenuhi kriteria, antara lain kaya dengan simbol dan makna filosofi kehidupan rakyat Indonesia.
Berbagai upaya untuk mempromosikan dan mengembangkan batik dan kerajinannya semakin meningkat dan beragam. Salah satunya adalah penyelenggaraan Gelar Batik Nusantara (GBN) yang dilaksanakan sejak 1996 oleh Yayasan Batik Indonesia. Setelah sukses menyelenggarakan pada tahun-tahun sebelumnya, Tahun 2019 GBN kembali akan ditampilkan untuk ke-11 Kalinya.

Batik yang saat ini dikenal merupakan kerajinan asli masyarakat yang berada di pulau jawa, namun dalam perkembangannya batik telah merambah ke berbagai wilayah di Indonesia termasuk di Pulau Sumatera. Sumatera memiliki corak dan motif batik yang mempunyai ciri khas daerah masing-masing. Melalui acara GBN 2019, ragam batik dari Sumatera akan diperkenalkan sehingga memperkaya khasanah motif batik nusantara yang memiliki sejarah panjang perjalanan mulai awal kelahiran hingga proses penyebarannya di Indonesia.
Batik tak lagi berkonotasi tua dan kuno, namun warisan leluhur ini mencitrakan kebebasan, kedinamisan, serta keceriaan yang sesuai dengan yang sesuai dengan generasi saat ini. Batik telah menjadi “Fashion Statement” bagi banyak orang. Agar batik tidak lekang oleh waktu dan industrinya dapat tetap bersaing global, maka pengrajin batik harus semakin kreatif dan inovatif dalam berkarya, maka kekayaan motif pada batik mengurangi atau kehilangan nilainya. Motif Batang hari pauh yang berasal dari Jambi, menjadi bagian identitas dari Gelar Batik Nusantara 2019. “Batang hari” merupakan nama sungai terpanjang di Jambi sejak Zaman dahulu. Digabungkan dengan “Pauh” yaitu sebuah kecamatan di Kabupaten Sarolangun, Jambi.

Sumber : gelarbatiknusantara2019.com

No comments:

Post a Comment