Your Business is Our Serve

Breaking

4 October 2016

ANTARA RUMAH POHON DAN SUKU KOROWAI

Rasanya sepakat kalau belahan dunia sudah kenal yang namanya Papua. Pulau yang tersohor dengan  keindahan alam pegunungan Puncak Jaya Wijaya dan  alam baharinya Raja Ampat. Tetapi pulau yang berderetan dengan dataran Nugini ini masih punya cerita luar biasa lainnya, Apa?... Suku Korowai, Kaibar Kabupaten Mappi.

Kalau bicara suku pasti ada saja keunikannya, begitu pula dengan Korowai ini juga bisa dikatakan Extraordinary. Kalau rata-rata suku unik di tarian, hasil kerajinan maupun budaya yang dilakukan sebagai tradisi, di suku ini unik di sektor tempat tinggal.

Pasalnya, mereka rata-rata tinggal diatas pohon yang tingginya sampai 50 meter lebih. Alih-alih ini merupakan sikap dalam menghindari binatang buas dan gangguan roh jahat. Mereka mempercayai, semakin tinggi huniannya, maka semakin jauh dariu aura jahat.

Kelompok yang termasuk menutup diri dengan penduduk lain ini, ditemukan misionaris Belanda tahun 1974. Dan pada tahun 2011, suku Korowai pernah muncul dalam film dokumentasi BBC Human Planet.suku Korowai papua

Menengok bangunan yang dibuat, rumah suku ini dibangun diatas pohon tinggi dari hutan dan rawa seperti kayu, rotan, akar dan ranting pohon yang begitu alamiah. Dinding dan atapnya menggunakan kulit kayu atau anyaman daun sagu serta tali ikat yang semuanya dibuat oleh kreasi tangan merek sendiri. Dalam hal ini logam satu-satunya adalah parang yang dipakai untuk berburu.NUG

 

Photograph by: Doc. MBK

 

No comments:

Post a Comment